Senin, 15 Oktober 2018

AWESOME ENGLISH COMMUNITY ACTIVITIES [MAN 1 MAGELANG]


MAGELANG – Masih berkaitan dengan madrasah berbasis pesantren yang terletak di Karet, Jurangombo Selatan. Kali ini kegiatan spektakuler yang diadakan adalah ‘English Community Goes to Desa Bahasa Borobudur’ pada Kamis, (11/10). Dari nama kegiatannya saja sudah bisa kita tebak bahwa peserta kegiatan tersebut adalah anggota ekstrakurikuler English Community atau yang kerap kita sebut EC, mereka berjumlah sekitar 70 siswa.

Mereka melaksanakan kegiatan ini didampingi oleh pembina EC yaitu Herlina Bayu Purbosari dan Luluk Isna yang tak lain adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris MAN 1 Kabupaten Magelang. Beberapa guru lain yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Ika Sulistyawati (Guru Mapel Bahasa Inggris), Sulistyono (Guru Mapel BK), dan Saiful Faizin (Waka Humas dan Keislaman).

Tujuan dari kegiatan ini adalah peserta dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan agar lebih lancar dalam memahami dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Internasional ini.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari pihak Desa Bahasa Borobudur, Mr. Aziz. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan bersama memainkan alat musik tradisional Indonesia, angklung, yang dipandu langsung oleh Mr. Aziz. 


Beliau menyambut kedatangan para peserta dengan senang hati dan penuh semangat, dibuktikan dengan bagaimana beliau mengajari peserta menyanyikan beberapa yel-yel Desa Bahasa Borobudur. Seakan menyalurkan semangat, peserta juga mengikuti yel-yel tersebut tak kalah semangat dengan Mr. Aziz.

Setelah itu, para peserta melaksanakan wide games yang pada intinya, game tersebut bertujuan untuk melatih konsentrasi dan membangun kerjasama antar anggota kelompok.

Hal pokok yang dilaksanakan di Desa Bahasa Borobudur adalah pengasahan kembali materi yang pernah diberikan beberapa hari yang lalu sebelum UTS. Mereka juga mendapatkan tambahan materi seperti vocabulary, kalimat aktif-pasif, menghafal 16 tense, dan juga masih banyak lagi materi Bahasa Inggris mulai dari nol hingga akhir.

“Yang paling saya sukai dari kegiatan ini adalah saat kita bisa Hunting Tourist karena disana kita bisa ngobrol secara langsung dengan wisatawan dari luar negeri,” ujar salah seorang anggota EC, Febi Febriana.


Hunting Tourist merupakan salah satu program EC yang dengannya, anggota EC dapar berkomunikasi langsung dengan Warga Negara Asing (WNA) di candi Borobudur dengan mewawancarai mereka (turis asing). Sangat terlihat sekali semangat dari antusias para peserta saat memasuki area candi Borobudur.

Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi seluruh peserta untuk lebih mengenali dan memahami Bahasa Inggris baik dari segi kosakata (vocabulary) maupun segi tatanan kalimat (grammar).


“Jangan pernah menyerah dalam melakukan sesuatu seperti yang kita lakukan saat ini, lakukan hingga di luar batas kemampuan!” tutur Triyoga, selaku ketua ekstrakurikuler English Community di sela-sela kegiatan tersebut.


1 komentar:

  1. Slots, Blackjack and Table Games - Poormans Guides
    Types of Games — Slots, 다 파벳 모바일 Blackjack, and 솔레어 Table 바카라배팅전략 Games. Game Description. Slots is a game 카드 게임 종류 by nature where there are 4, 7, 10, and 11 dice. There 브라 벗기기 are 10

    BalasHapus